Rabu, 18 November 2009

Robot Ikan Monitor Kualitas Air

Para teknisi dan ahli lingkungan dari Michigan State University bekerjasama mengembangkan perangkat robot yang bisa berenang seperti ikan untuk memonitor kualiats air.

"Ikan sangat efisien. Mereka dapat menampilkan daya penggerak yang efisien dan bermanuver dengan bebas dan cepat di dalam air," ujar salah satu tim peneliti, Xiaobo Tan seperti dikutip dari TG Daily, Selasa (3/11/2009).

Itu sebabnya, para perancang robot ini kemudian terilhami untuk membuat robot ikan. Robot ini dapat beroperasi secara otomatis selama satu bulan. Selama berenang di dalam air, robot tersebut memberikan data akurat mengenai kondisi air.

Mereka akan membawa sensor yang berfungsi merekam temperatur, oksigen larut dalam air, gangang beracun serta kadar polutan dalam air.

Tan dan timnya pun mengembangkan fitur elektronik yang memungkinkan perangkat robot tersebut bernavigasi, memonitor air dan melindungi kolam atau danau.

Agar robot ikan dapat berenang dan bermanuver seperti ikan sungguhan, Tan melengkapi robot itu dengan sirip polimer electro-active yang menggunakan tenaga listrik.

Robot itu pun dilengkapi dengan teknologi GPS sehingga bisa menemukan jalannya sendiri dan dapat berkomunikasi secara wireless dengan docking station.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar