Selasa, 27 Oktober 2009

3 Hari ke Depan Jakarta Berpotensi Hujan Lebat

- Jakarta dikabarkan akan diguyur hujan lebat selama tiga hari berturut-turut pada tiga hari ke depan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tidak menampik adanya peluang hujan lebat ini.

Namun Kepala Sub-Bidang Informasi Meteorologi dan Publik BMKG, Kukuh Ribudiyanto menyebutkan perkiraan hujan lebat selama tiga hari berturut-turut ini, bukan berarti hujan tersebut datang selama tiga hari penuh. Melainkan hujan tersebut terjadi dalam durasi pendek sekira satu hingga dua jam.

"Setiap hari ada saja peluang hujan. Itu sebabnya, BMKG memberikan perkiraan peluang terjadi hujan dalam tiga hari ke depan. Tak hanya di Jakarta saja, daerah lain di Indonesia pun memiliki peluang," kata Kukuh saat dihubungi Okezone, Selasa (27/10/2009).

Daerah-daerah yang diprediksi akan mengalami hujan lebat dalam tiga hari ke depan itu di antaranya Aceh, Sumatera bagian utara, tengah dan selatan, Jawa bagian barat, tengah dan timur, Kalimantan bagian utara, barat, tengah dan timur, Sulawesi bagian utara, tengah dan barat, Maluku bagian utara dan tengah, serta Papua bagian utara, barat, tengah dan timur.

Kukuh menjelaskan, hujan dengan intensitas cukup lebat ini disebabkan oleh datangnya masa peralihan menuju musim penghujan.

"Dalam masa transisi ini, terjadi pertumbuhan awan Culumusnimbus (CB) atau awan lokal lebih banyak. Hal ini menyebabkan hujan-hujan lokal sangat dominan. Awan inilah yang berpotensi menimbulkan hujan lebat," kata Kukuh.

Menurut Kukuh, untuk di wilayah Jakarta, masa transisi ini akan berlangsung hingga tiba waktunya musim penghujan pada November mendatang.

Kukuh juga menyebutkan, perubahan cuaca ekstrim yang sering terjadi akhir-akhir ini lebih karena disebabkan perubahan lingkungan. Dia memberikan contoh, semakin berkurangnya jumlah pepohonan yang tergantikan oleh keberadaan gedung-gedung pencakar langit menyebabkan radiasi matahari lebih cepat dipantulkan ke atmosfer.

"Kondisi seperti ini memicu tingkat kelembaban semakin tinggi dan memancing lebih banyak kemunculan awan CB yang menyebabkan sering terjadi hujan lokal," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar