Minggu, 18 Oktober 2009

Blogger Mulai Diminati Sebagai Profesi

Fenomena blog yang semula menjadi media personal kini mulai beralih ke ranah profesi di Indonesia dengan bermunculannya blogger yang menghasilkan pendapatan dari iklan serta honor dari tulisan yang dirilis di blog pribadinya.

Country Editorial Yahoo! Indonesia, Budi Putra, disela kegiatan peluncuran komunitas blogger Bekasi mengatakan, blog yang manfaat awalnya untuk berbagi pengalaman dan bertukar informasi selanjutnya dilirik oleh pemasang iklan untuk mengenalkan produk mereka serta perusahaan media online melalui hasil karya tulisan-tulisan yang bernilai informasi tinggi. "Pertumbuhan jejaring blog secara pesat menjadikan seorang blogger yang sudah dapat nama dilirik pemasang iklan. Mereka menyadari perlunya lebih mengenalkan brand name produk mereka ditengah komunitas yang terdidik," ujarnya di Bekasi, Sabtu (17/10) seperti dikutip ANTARA.

Pionir blog di Indonesia itu menyatakan, sudah 80-an blogger yang beralih menjadikan kesenangan berselancar di alam maya itu sebagai sumber panghasilan. Bekerja sebagai penulis lepas di blog pribadinya merupakan sesuatu yang menyenangkan, dibaca banyak orang dan terakhir dihargai hasil karya oleh berbagai media online. "Bayarannya dalam dolar dan nilai riil yang diperoleh penulis blogger maupun iklan di blogger pribadi sangat besar melebihi penghasilan profesi lainnya," ujarnya.

Budi mengaku lebih menyenangi menulis blog dibidang teknologi, komunikasi, panduan dan internet itu, menegaskan perkembangan blog di Indonesia masih tertinggal dibanding negara Eropa begitu juga dengan orang yang mengandalkan blog sebagai sumber pendapatan.

Ia menyatakan, komunitas blog di Indonesia terus berkembang pesat. Di pesta blogger, blog yang aktif di Indonesia mencapai satu juga lebih sementara yang terdaftar di layanan blogspot lebih 10 juta.

Ketua Komunitas Blogger Bekasi, Aris Heru Utomo, menyatakan, untuk di Kota Bekasi blogger lebih berperan dalam menyuarakan pikiran, pengalaman dan pengetahuan. "Kita bentuk wadahnya dulu. Nantinya tentu akan muncul juga blogger profesional yang dilirik pemasang iklan dan mendapat honor dari tulisan-tulisannya," ujarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar