Selasa, 27 Oktober 2009

Transistor Terkecil di Dunia, Sekecil Molekul

Untuk menciptakan sebuah transistor terkecil di dunia maka para peneliti menggunakan materi paling tipis dan berukuran paling kecil. Hasilnya, transistor dengan lebar 10 atom dan ketipisan satu atom saja.

Dilansir melalui Journal Science, Jumat (18/4/2008), Dr Kostya Novoselov dan Profesor Andre Geim dari Universitas Manchester jurusan Fisika dan Astronomi berhasil mengukir grafin (bagian terkecil dari grafit) sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah sirkuit elektronik mini yang dibentuk dari transistor-transistor single berukuran sekecil molekul.

"Makin kecil ukuran transistor tersebut maka semakin canggih performa yang dihasilkan," ujar mereka.

Temuan ini merupakan dasar yang paling fundamental untuk menghadapi tantangan industri semikonduktor. Para pemain di industri semikonduktor tersebut memprediksi bahwa pada 10 hingga 20 tahun ke depan miniaturiasasi perangkat elektronik akan menjadi tren. Dan industri tersebut memang sedang mengarah ke tren tersebut.

Namun para peneliti itu masih belum bisa berjanji jika materi grafin mampu memberikan performa super pada sebuah perangkat komputer. Walaupun begitu grafin memiliki kemampuan yang berbeda dengan materi lain. Grafin dianggap lebih stabil dan konduktif meskipun telah terpotong-potong hingga berukuran satu nanometer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar