Kamis, 08 Oktober 2009

AMD Terlempar dari Top 10 Manufaktur Chip

Laporan terkini mengenai revenue semikonduktor tahun 2007 telah dirilis oleh Gartner. Berdasarkan hasil risetnya, jawara di kancah penjualan chip adalah Toshiba yang pendapatannya meningkat hingga 28 persen.

Intel dengan cepat juga telah meraup kembali revenue yang sempat dihilangkannya pada tahun 2006, yang mana pada saat itu AMD masih menempel ketat. Di tahun tersebut, penurunan revenue Intel mencapai 9,5 persen. Alhasil, market sharenya pun jatuh dari 14,7 persen menjadi 11,6 persen. Tapi selama tahun 2007, Intel sukses memperbaiki revenue-nya menjadi 8,2 persen atau 32,9 milyar USD sehingga market share perusahaannya ikut terdongkrak naik menjadi 12,2 persen.

Peringkat kedua dalam hal revenue adalah Samsung, yang berhasil meraup 20,9 milyar USD dari penjualan chip-nya dan berhak menguasai market share sebesar 7,7 persen. Di lain pihak, prestasi Texas Instruments (TI) kurang baik sepanjang tahun 2007 karena revenue-nya turun ke angka 4,2 persen dengan meraup 11,5 milyar USD. TI memang masih secara masif memproduksi chip untuk Nokia, tapi sialnya, untuk berjaga-jaga supaya tidak terjadi kekurangan stok, vendor asal Finlandia tersebut memutuskan untuk memesan dari supplier lainnya juga.

AMD tidak berhasil masuk ke dalam daftar top 10 manufaktur chip ini. Menurut iSuppli, mereka "hanya" meraup revenue sebesar 5,7 milyar USD sehingga mesti puas bertengger di posisi nomor 11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar